Tugas Perkuliahan Tahap ke-11 : Pemrograman Aplikasi
Android
Laporan
Aktivitas Belajar
Nama
|
:
|
RIZKY RAHMAD DIANTO
|
No. Registrasi
|
:
|
1105751312
|
Alamat email
|
:
|
raddiant5@gmail.com/raddiant@yahoo.com
|
Opsi
|
:
|
Sistem Jaringan dan Website
|
Tahap Perkuliahan ke-11
|
:
|
Pemrograman Aplikasi Android
|
USBJJ
|
:
|
SMK Muhammadiyah 1 Sangatta, Kutai
Timur
|
Aktivitas Belajar Mandiri
|
Kolom di bawah ini berisi uraian
singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Pada tahap perkuliahan ini saya
mencari referensi bahan materi Java dan XML, karena memang platform Android
ini menurut saya unik dimana core Android sendiri berasal dari core Linux dan
antar muka bahasa nya mempunyai dua pendekatan yaitu Java dan XML. Java
sendiri secara tata bahasa nya masih berhubungan dengan C++ dan turunan nya,
sedangkan XML adalah bahasa Script yang biasa digunakan dalam pembuatan
halaman web.
|
Kolom di
bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap
Perkuliahan ini.
|
Memahami dan mencari referensi tentang Pemrograman
Anldroid sederhana Menggunakan ADT.Bertukar pikiran antar teman kampus dan
mencoba membuat aplikasi sederhana.
|
Kolom di bawah ini berisi
kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
|
· Selama tahap perkuliahan ini kendala terbesar adalah
pemahaman dari struktur Android itu sendiri, dimana akibat dari gabungan unik
dari 2 gaya bahasa (Java dan XML). Karena itu kami di USBJJ mencoba untuk
memahami terlebih dahulu struktur bahasa dari Android sebelum melanjutkan ke pembuatan
program.
·
·
·
·
|
Rangkuman Materi Perkuliahan
|
Kolom
di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan
pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang terutama
untuk perangkat mobile touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet.
Awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, yang didukung Google finansial dan
kemudian dibeli pada tahun 2005, Android ini diresmikan pada tahun 2007
bersama dengan pendiri Open Handset Alliance: konsorsium hardware, software,
dan telekomunikasi perusahaan yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka
untuk perangkat mobile.
Android adalah open source dan Google merilis kode di bawah Lisensi
Apache. Kode sumber ini terbuka (Open Source) memungkinkan perangkat lunak
untuk secara bebas dimodifikasi dan didistribusikan oleh produsen perangkat,
operator nirkabel dan yang lain-lain.
Selain itu, Android memiliki komunitas pengembang pembuat aplikasi yang
memperluas fungsionalitas dari perangkat, terutama karena disesuaikan dari
bahasa pemrograman Java. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000
aplikasi yang tersedia untuk Android , dan perkiraan jumlah aplikasi yang
diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android, adalah 25 miliar
Faktor-faktor ini telah memberikan kontribusi terhadap pembuatan platform
Android smartphone yang paling banyak digunakan di dunia, menyalip Symbian
pada kuartal keempat tahun 2010, dan software pilihan bagi perusahaan
teknologi yang membutuhkan biaya-rendah, sistem operasi ringan untuk
perangkat teknologi tinggi tanpa mengembangkannya dari awal. Sebagai
hasilnya, meskipun terutama dirancang untuk ponsel dan tablet, Android juga
bisa untuk aplikasi tambahan di televisi, konsol game, kamera digital dan
elektronik lainnya. Sifat terbuka Android telah lebih jauh mendorong
komunitas pengembang dan penggemar untuk menggunakan kode sumber terbuka
sebagai dasar untuk proyek-proyek berbasis masyarakat, yang menambahkan fitur
baru untuk pengguna tingkat lanjut.
|
Video Dokumentasi
|
Pada kolom ini berisi cuplikan
gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada
Tahap Perkuliahan ini.
|
Kolom di bawah ini merupakan
uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
|
Langkah-langkah pembuatan
pemrograman Android :
1.
Buka program Eclipse kemudian buat
file baru dengan perintah : File -> New -> Android Application
Project.
2.
Jalankan AVD (Android Virtual
Device) Manager.
3.
Isi baris Application Name ,
Project Name dan Package Name untuk nama aplikasi, nama proyek dan
nama paket kemudian pilih Next, Next.
4.
Pada pilihan Create Activity
pilih Blank Activity kemudian pilih Next kemudian Finish.
5.
Pada jendela Package Explorer
buka folder AndroidUpDown
6.
Pada jendela activity_main.xml
pilih graphical layout untuk menampilkan tampilan GUI.
7. Tambahkan komponen TextView
ke form AndroX64, kemudian atur properties nya di jendela Properties
sebelah kanan.
8.
Tambahkan komponen 3 Button
ke form AndroidUpDown, kemudian atur properties nya di jendela Properties
sebelah kanan.
9.
Beri label TextView1 dengan
JUMLAH = 0, Button1 dengan Ditambah 1, Button2 dengan Dikurangi
1 dan Button3 dengan Reset.
10.
Pindah ke folder src
kemudian dobel klik file MainActivity.java untuk mengedit kode Java
nya.
11.
Tambahkan kode Java yang sudah
terbentuk sehingga lengkap :
|
package com.exam.androx64;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;
public class MainActivity extends
Activity {
int jumlah;
Button tmbh, krng, reset;
TextView teks;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
jumlah = 0;
tmbh = (Button) findViewById(R.id.button1);
krng = (Button) findViewById(R.id.button2);
reset = (Button) findViewById(R.id.button3);
teks = (TextView) findViewById(R.id.textView1);
tmbh.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {
// TODO Auto-generated method stub
jumlah++;
teks.setText("JUMLAH = " + jumlah);
}
});
krng.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {
// TODO Auto-generated method stub
jumlah--;
teks.setText("JUMLAH = " + jumlah);
}
});
reset.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {
// TODO Auto-generated method stub
jumlah = 0;
teks.setText("JUMLAH = " + jumlah);
}
});
}
@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}
}
12.
Jalankan program dengan memilih
dan klik kanan pada folder AndroX64, pilih Run As.. Android Application maka
akan muncul tampilan outputnya di AVD.
|
Kolom di bawah ini berisi link
yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
|
Link video dokumentasi :
|
Comments
Post a Comment