Laporan Aktivitas Belajar
Nama
|
:
|
RAISA FEBYANITA SYARIF
|
No.
Registrasi
|
:
|
1105751311
|
Alamat email
|
:
|
|
Opsi
|
:
|
Sistem
Jaringan dan Website
|
Tahap Perkuliahan
ke-11
|
:
|
Pemrograman
Aplikasi Android
|
USBJJ
|
:
|
SMK Muhammadiyah 1 Sangatta,
Kutai Timur
|
Aktivitas
Belajar Mandiri
|
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas
belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Pada tahap perkuliahan ini saya mencari referensi
bahan materi Java dan XML, karena memang platform Android ini menurut saya
unik dimana core Android sendiri berasal dari core Linux dan antar muka
bahasa nya mempunyai dua pendekatan yaitu Java dan XML. Java sendiri secara
tata bahasa nya masih berhubungan dengan C++ dan turunan nya, sedangkan XML
adalah bahasa Script yang biasa digunakan dalam pembuatan halaman web.
|
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat
aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Selama tahap perkuliahan ini kendala terbesar adalah
pemahaman dari struktur Android itu sendiri, dimana akibat dari gabungan unik
dari 2 gaya bahasa (Java dan XML). Karena itu kami di USBJJ mencoba untuk
memahami terlebih dahulu struktur bahasa dari Android sebelum melanjutkan ke
pembuatan program.
|
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang
saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
|
·
·
·
·
·
|
Rangkuman
Materi Perkuliahan
|
Kolom di bawah ini berisi
rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap
Perkuliahan ini.
|
Android adalah
sistem operasi berbasis Linux yang dirancang terutama untuk perangkat mobile
touchscreen seperti smartphone dan komputer tablet. Awalnya dikembangkan oleh
Android, Inc, yang didukung Google finansial dan kemudian dibeli pada tahun
2005, Android ini diresmikan pada tahun 2007 bersama dengan pendiri Open
Handset Alliance: konsorsium hardware, software, dan telekomunikasi
perusahaan yang ditujukan untuk memajukan standar terbuka untuk perangkat
mobile.
Android adalah open
source dan Google merilis kode di bawah Lisensi Apache. Kode sumber ini
terbuka (Open Source) memungkinkan perangkat lunak untuk secara bebas
dimodifikasi dan didistribusikan oleh produsen perangkat, operator nirkabel
dan yang lain.
Selain itu, Android
memiliki komunitas pengembang pembuat aplikasi yang memperluas fungsionalitas
dari perangkat, terutama karena disesuaikan dari bahasa pemrograman Java. Pada
bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android
, dan perkiraan jumlah aplikasi yang diunduh dari Google Play, toko aplikasi
utama Android, adalah 25 miliar
Faktor-faktor ini
telah memberikan kontribusi terhadap pembuatan platform Android smartphone
yang paling banyak digunakan di dunia, menyalip Symbian pada kuartal keempat
tahun 2010, dan software pilihan bagi perusahaan teknologi yang membutuhkan
biaya-rendah, sistem operasi ringan untuk perangkat teknologi tinggi tanpa
mengembangkannya dari awal. Sebagai hasilnya, meskipun terutama dirancang
untuk ponsel dan tablet, Android juga bisa untuk aplikasi tambahan di
televisi, konsol game, kamera digital dan elektronik lainnya. Sifat terbuka
Android telah lebih jauh mendorong komunitas pengembang dan penggemar untuk
menggunakan kode sumber terbuka sebagai dasar untuk proyek-proyek berbasis
masyarakat, yang menambahkan fitur baru untuk pengguna tingkat lanjut.
|
Video
Dokumentasi
|
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi
yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
|
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang
menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
|
Langkah-langkah pembuatan pemrograman Android :
1.
Buka program Eclipse kemudian buat file baru dengan
perintah : File -> New -> Android
Application Project.
2.
Jalankan AVD (Android Virtual Device) Manager.
3.
Isi baris Application Name , Project Name dan Package
Name untuk nama aplikasi, nama proyek dan nama paket kemudian pilih Next, Next.
4.
Pada pilihan Create
Activity pilih Blank Activity
kemudian pilih Next kemudian Finish.
5.
Pada jendela Package
Explorer buka folder AndroX64.
6.
Pada jendela activity_main.xml
pilih graphical layout untuk
menampilkan tampilan GUI.
7.
Tambahkan komponen TextView ke form AndroX64, kemudian atur properties nya di jendela Properties
sebelah kanan.
8.
Tambahkan komponen 3 Button ke form AndroX64, kemudian atur properties nya di jendela Properties
sebelah kanan.
9.
Beri label TextView1
dengan Jumlah Sekarang = 0, Button1 dengan Ditambah 1, Button2 dengan Dikurangi
1 dan Button3 dengan Reset.
10.
Pindah ke folder src
kemudian dobel klik file MainActivity.java
untuk mengedit kode Java nya.
11.
Tambahkan kode Java yang sudah terbentuk sehingga
lengkap :
|
package com.exam.androx64;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TextView;
public class MainActivity extends Activity {
int
jumlah;
Button
tmbh, krng, reset;
TextView
teks;
@Override
protected
void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
jumlah
= 0;
tmbh
= (Button) findViewById(R.id.button1);
krng
= (Button) findViewById(R.id.button2);
reset
= (Button) findViewById(R.id.button3);
teks
= (TextView)
findViewById(R.id.textView1);
tmbh.setOnClickListener(new
View.OnClickListener() {
@Override
public
void onClick(View arg0) {
//
TODO Auto-generated method stub
jumlah++;
teks.setText("Jumlah
Sekarang = " + jumlah);
}
});
krng.setOnClickListener(new
View.OnClickListener() {
@Override
public
void onClick(View arg0) {
//
TODO Auto-generated method stub
jumlah--;
teks.setText("Jumlah
Sekarang = " + jumlah);
}
});
reset.setOnClickListener(new
View.OnClickListener() {
@Override
public
void onClick(View arg0) {
//
TODO Auto-generated method stub
jumlah
= 0;
teks.setText("Jumlah
Sekarang = " + jumlah);
}
});
}
@Override
public
boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
//
Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main,
menu);
return
true;
}
}
12.
Jalankan program dengan memilih dan klik kanan pada
folder AndroX64, pilih Run As.. Android Application maka akan muncul tampilan
outputnya di AVD.
|
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di
Youtube.
|
Link video dokumentasi :
|
Comments
Post a Comment