Skip to main content

Tugas Perkuliahan Tahap ke-6 : DTKJ104 Pengenalan Pemrograman


Laporan Aktivitas Belajar
Nama
:
ANDRY LULI RUSMEDI
No. Registrasi
:
1105751304
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-6
:
DTKJ104 Pengenalan Pemrograman
USBJJ
:
SMK Muhammadiyah 1 Sangatta, Kutai Timur

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Memasuki tahap perkuliahan ini, saya berusaha untuk mencari sumber bahan referensi lain selain dari video materi yang sudah kita terima. “Pemrograman” adalah istilah yang menurut saya adalah materi yang paling sulit selama mengikuti perkuliahan ini, utamanya karena hampir semua referensi yang saya dapat mengacu pada Bahasa C++ yang menjadi akar dari Bahasa C# ini.
Pemrograman bahasa C# sedikit banyak mengacu pada bahasa C++ , merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan di level industri dan oleh developer-developer software. Mengacu pada video materi tentang pemrograman dengan menggunakan bahasa C# , terlebih dahulu saya menginstal Visual Studio 2010 Express yang disertakan dalam software pendukung.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Visual Studio Express 2010 yang kami install menyediakan fungsi sebagai program editor bagi bahasa C# dan juga berfungsi sebagai compiler nya. Mengacu pada video materi yang disediakan kami mencoba untuk mempraktekkan menulis program pertama kami menggunakan Visual Studio Express 2010.
Cakupan pertama program yang kami buat masih berkisar pada Console Applications, artinya hanya berjalan pada level Console Command Window, belum ke Windows Applications.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·           Struktur bahasa keluarga C++ lebih sulit dari bahasa yang lain
·           Waktu yang tersedia hanya bisa memahami sebagian kecil dari bahasa C#
·           
·           
·          


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
C# (dibaca "C Sharp") merupakan bahasa pemrograman modern yang berorientasi objek.  Secara sintaks C# mirip dengan bahasa-bahasa keluarga C seperti C, C++, dan Java.  C# menggabungkan produktifitas dan kemudahan yang ada di Visual Basic dengan kemampuan dan fleksibilitas yang ada di C++, dan menambahkan hal-hal baru yang tidak ada di Java.  Perancang utamanya adalah Anders Hejlsberg dari Microsoft, yang dulunya membuat Turbo Pascal dan berperan dalam pengembangan bahasa Delphi dan IDE Borland Delphi.
Program-program C# yang dihasilkan tidaklah terikat dengan hardware maupun operating system tertentu.  Untuk menjalankan suatu program C#, di komputer (atau alat elektronik lain) yang bersangkutan harus tersedia CLR (Common Language Runtime).  Jalannya sebuah program C# akan dikelola sepenuhnya oleh CLR, oleh karena itu program C# dikatakan sebagai program yang managed.  Program-program klasik yang langsung berinteraksi dengan operating system maupun hardware tertentu disebut program unmanaged.
Dengan perantara CLR tersebut, program-program C# menjadi portable.  Misalnya, program C# yang dicompile menggunakan Microsoft .NET Framework dapat langsung dijalankan di Linux asalkan terinstall Mono atau implementasi CLR lainnya.  Mungkin anda sudah bisa menebak bahwa Microsoft .NET Framework dan Mono merupakan beberapa implementasi CLR yang ada.  Beberapa implementasi CLR lainnya contohnya adalah Microsoft .NET Compact Framework (untuk Pocket PC dan handphone), dotGNU Portable .NET (untuk Linux), dan Rotor (untuk FreeBSD).
Konsep ini sekilas terdengar mirip dengan Java dan JVMnya, namun ada beberapa hal yang membedakan CLR dengan Java.
CLR merupakan bagian dari standar internasional yang disebut CLI (Common Language Infratructure).  CLI memuat CLR, CIL (Common Intermediate Language, analog dengan Java bytecode), dan BCL (Base Class Library).  Sifat CLR yang merupakan open standard memungkinkan siapa saja membuat implementasinya.  Hal ini berbeda dengan platform Java yang merupakan platform pribadi milik Sun.
Tidak seperti platform Java yang terkait dengan bahasa Java, CLR tidak terkait dengan bahasa pemrograman apapun. Contoh-contoh bahasa yang bisa dipakai untuk membuat program managed adalah C#, Managed Extension for C++, Visual Basic .NET, Jscript .NET, J#, Pascal .NET, Delphi .NET, Phyton .NET, Eiffel#, COBOL .NET, dan Perl .NET.  Program yang dibuat dengan bahasa berbeda dapat dengan mudah berinteraksi




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Berikut adalah contoh program menggunakan bahasa C# (Console Applications) :

using System;

    class Program
    {
        static void Main()
        {
            Console.WriteLine("Masukkan nama depan : "); à mis : Andry
            string namadepan = Console.ReadLine();
            Console.WriteLine("Masukkan nama belakang : "); à mis : Luli
            string namabelakang = Console.ReadLine();
            Console.WriteLine("Nama anda adalah : {0} {1}",namadepan ,namabelakang);
            Console.ReadLine();
        }
    }

Jika program tersebut decompile (F5) dan dijalankan, maka akan keluar tulisan berikut di layar:
Nama anda adalah : Andry Luli

Penjelasan :

using System;
Statement tersebut memungkinkan kita untuk menggunakan semua class yang berada di dalam namespace System secara langsung.  Karenanya, pemanggilan terhadap method WriteLine() cukup diawali dengan nama classnya yaitu Console.   

class Program
Class merupakan salah satu unit enkapsulasi di C#.  Maksudnya, class digunakan untuk mengelompokkan data-data dan method-method yang saling berhubungan.  Tubuh class dibatasi dengan { dan }.



static void Main()
Baris di atas mendeklarasikan suatu method yang bernama Main() (di beberapa bahasa pemrograman lain, method disebut fungsi atau subroutine). Setiap program C# harus memiliki method ini. Method Main() adalah pintu masuk program anda, yang berarti bahwa method ini akan dipanggil saat program dijalankan.  Isi atau tubuh method harus diawali dengan { (kurung kurawal buka) dan diakhiri dengan } (kurung kurawal tutup).

C# merupakan bahasa yang "case sensitive", jadi method yang bernama Main() (m huruf besar) berbeda dengan method yang bernama main() (m huruf kecil).  Kita bisa melihat bahwa C# meninggalkan adat istiadat keluarga C yang menggunakan method main() (m huruf kecil) sebagai pintu masuk program.  Hal ini dilakukan agar C# konsisten dengan salah satu panduan penamaan modern yaitu mengawali nama method dengan huruf besar. Untuk sementara, static dan void tidak akan dibahas.

Kita bisa lihat bahwa method Main() berada di dalam class yang bernama Program, dengan deklarasi sebagai berikut:

Di dalam C#, method harus berada di dalam unit enkapsulasi, contohnya class.  Dalam contoh di atas, method Main() berada di dalam class Program.  Ini adalah aturan baru bagi programmer C dan C++, tetapi bukanlah hal yang asing bagi programmer Java.  Kita bebas menentukan nama class yang memuat method Main().

Aktivitas utama program terletak di baris berikut:

System.Console.WriteLine;
Saat program dijalankan, baris tersebut menyebabkan keluarnya tulisan “Nama anda adalah : Andry Luli” yang diikuti baris baru.  Hal tersebut dilaksanakan oleh method WriteLine().  Method WriteLine() tersebut berada di dalam class yang bernama Console (sebagaimana method Main() berada dalam suatu class). Class Console sendiri dikelompokkan ke dalam namespace yang bernama System. Namespace digunakan untuk mengelompokkan class-class dan beberapa elemen bahasa lainnya.  Jadi kita memanggil method WriteLine() dengan menuliskan mulai dari nama namespacenya, class yang memuatnya, sampai ke method itu sendiri.

Console.WriteLine("Masukkan nama depan : ") adalah perintah (OUTPUT) yang menampilkan tulisan “Masukkan nama depan : “ ke layar, variabel (namadepan) yang bertipe string akan menampung (INPUT) dari keyboard yang di ketik :
string namadepan = Console.ReadLine();

Console.WriteLine("Nama anda adalah : {0} {1}",namadepan ,namabelakang); adalah perintah untuk menampilkan isi dari variabel namadepan dan namabelakang ke layar secara berurutan.


Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video dokumentasi :
http://youtu.be/AtnUQJhzd1Q

Comments

Popular posts from this blog