https://cid-d68ae2c632020894.calendar.live.com/calendar/private/aa3f1988-aeab-43b2-8370-34d9185d8589/cd6df848-1138-45c0-a9e7-0ad4278e6591/index.html
[1]
Pada Kegiatan Bulan Pertama ini--di dalam kalender/ Agenda Akademik disebut Tahap Perkuliahan ke-1 (a), (b) dan (c)--memiliki tujuan mempersiapkan mahasiswa menjalani perkuliahan dengan skema jarak jauh menggunakan e-learning. Rinciannya adalah sebagai berikut:
Tahap Perkuliahan ke-1 (a): 07 - 12 Januari 2013
• Pada tahap ini, mahasiswa sudah mulai mengakses http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id. (username dan password akan diberikan kemudian)
• Mahasiswa diberi Tugas terkait materi pengembangan karakter yang ditampilkan pada Learning path di http://elearning.lskk.ee.itb.ac.id
• Pada tahap ini mahasiswa diharapkan dapat memantapkan diri mengikuti program ini.
Tahap Perkuliahan ke-1 (b): 14 - 26 Januari 2013
• Pada tahap ini, mahasiswa diberi Tugas terkait membuat Video Dokumentasi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan
• Setelah video dibuat, mahasiswa wajib mengumpulkannya pada Instruktur di USBJJ dan mengupload video tersebut ke Youtube.
• Selanjutnya, mahasiswa menuliskan alamat video Youtube-nya di sub-module yang telha disediakan dalam Learning path
• Pada tahap ini mahasiswa diharapkan dapat dengan lancar menggunakan tools dan membuat Video Dokumentasi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan
Tahap Perkuliahan ke-1 (c): 28 - 02 Januari 2013
• Pada tahap ini, mahasiswa diberi Tugas membuat Laporan sesuai dengan template yang telah ditentukan
• Setelah Laporan dibuat, mahasiswa wajib mengumpulkannya pada Instruktur di USBJJ.
• Selain itu, mahasiswa menyusun portofolio melalui blogging/ nge-blog dengan isi postingnya yaitu (a) isi Laporan yang telah dibuat tersebut; dan (b) menampilkan link Video Dokumentasinya di Youtube.
• Selanjutnya, mahasiswa menuliskan alamat video Youtube-nya di sub-module yang telha disediakan dalam Learning path
[2]
Untuk memfasilitasi blogging, kami mengharapkan kerjasama dari rekan-rekan untuk dapat membuatkan blog bersama untuk mahasiswa di masing-masing USBJJ. Contoh blog yang dimaksud adalah sbb.: http://d4tmditb6.blogspot.com/
Sebagai referensi, blog tersebut dapat dibuat dengan mengikuti video ini:
• Membuat blog di Blogger: http://www.youtube.com/watch?v=I0paRRyv-G4
• Agar seluruh mahasiswa dalam satu USBJJ dapat nge-blog pada blog yang sama, berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan: http://www.youtube.com/watch?v=lO4jHF6D-eQ
[3]
Pada Tahap Perkuliahan selanjutnya (mulai Tahap Perkuliahan 1(d) hingga Tahap Perkuliahan 30), mahasiswa memiliki Paket Aktifitas yang dilatih pada Kegiatan Bulan Pertama di atas. Paket Aktifitas tersebut yaitu:
• Mengikuti perkuliahan melalui Learning path
• Mengerjakan Paket Tugas setiap Tahap Perkuliahan dengan batas waktu yang telah ditentukan
• Paket Tugas tersebut yaitu:
o Tugas membuat Video Dokumentasi
o Tugas membuat Laporan
o Mengumpulkan Video dan Laporan pada Instruktur
o Mengupload Video ke Youtube
o Posting blog yang berisi: (a) isi Laporan dan link Video; dan (b) link Video Dokumentasi
o Menuliskan link posting blog pada sub-module dalam Learning path
[4]
Adapun aktifitas Instruktur pada setiap Tahap Perkuliahannya terkait dengan Ujian Lokal berupa tes praktik. Selanjutnya hasil tes tersebut dapat dijadikan acuan bagi rekan-rekan Instruktur dalam membuat Usulan Nilai Mata Kuliah setiap mahasiswa.
Rincian panduan tes praktik untuk Ujian Lokal tersebut akan diberikan pada email yang terpisah.
[5]
Selain aktifitas di atas, saat ini kami sedang menyiapkan aktifitas mahasiswa dalam Forum. Pada Forum tersebut dirancang agar mahasiswa akan dapat saling mendiskusikan materi perkuliahan dengan mahasiswa yang lain dan dengan dosen, asisten dan instruktur Program D1.
[6]
Topik materi setiap Tahap Perkuliahan yang lengkap dapat diperoleh di sini:
https://docs.google.com/spreadsheet/ccc?key=0AqDynK1GrraBdHc5YjU3d1B0d1dBY3FocGp5Vmw1RGc
Terimakasih atas kerjasamanya yang baik.
Comments
Post a Comment